Tentang Aqiqah

 AQIQAH itu ....


idealnya jumhur ulama untuk domba sekalipun adalah 1 tahun, JIKA antum TIDAK MENDAPATKAN usia 1 tahun (biasanya di lihat dari kupak) maka bisa memakai domba (bukan kambing) usia 6 bulan, begitu kira kira jumhur ulama ..


nah jika 1 tahun bisa di lihat dari pergantian gigi lalu bagaimana dengan usia 6 bulan


saya pernah bertanya sama peternak lokal angonan beberapa orang dan dibeberapa kota yang mayoritasnya dombanya di jual di pasar dan kita beli, (pengusaha aqiqah beli)


mas, pakdhe sebulan dombanya biasanya naik berapa kilo ?, di jawab +/- 2kg mas ?, ..


sip dah kita pakai standar 2 kg saja, jangan standar adg 150 apalagi 168 bisa 5kg itu nanti makin memberatkan para pengusaha aqiqah dalam BERSAING di sisi harga


CEMPE lahir :

1kg-2kg = 2kg


Bobot Pertambahan Cempe 6 Bulan :

2kg x 6 = 12kg


maka jika di tanya berapa usia cempe 6 bulan masuk bulan ke 7 ?


Jawaban 1 : 2 + 12 = 14kg

Jawaban 2 : 2 + 12 + 2 = 16kg


di para jagal domba jatim dan jateng ini karkas 6-7kg atau output daging 3-3.5kg dimana 1kg daging jadi 60-70 tusuk sate, maka jadilah paket A, sate 150 sd 210 tusuk (tak semua daging bisa di pakai u sate)


di domba jawa barat daging 3kg up bisa di dapati domba 12kg, maka karena kejarnya adalah output daging, maka motonglah domba 12kg


pertanyaanya ?


12kg kira kira jika dari analisa "ngasal" di atas apakah sudah masuk usia syar'i, dan apakah 14kg juga sudah pasti aman ?


jawabannya ada di hati kita masing masing, yang pasti begini, ketidakmampuan aqiqah sebaiknya menunda waktu aqiqah untuk konsuman, apalagi hukumnya sunnah, bukan fardhu ..


seperti pergi haji, hukumnya wajjb tetapi jika belum mampu boleh menundanya, menabung, nah pembeli aqiqah bisa menabung ..


di satu sisi pengusaha aqiqah bukan memaksakan diri menyediakan semurah mungkin, lalu melanggar standar aman syar'i aqiqah dengan memberikan harga semurah mungkin demi dapur ngebul ..


lalu bagaimana jika domba ya kecentet bi, kuntet, kecil tapi tua ?


loh memang berapa % domba kuntet bin kecentet di pasar dan petani ? jawab jujur pakai mata hati, pakai mata dan hati, jangan pakai persaingan usaha di aqiqah yah .......


lagi mari kembali ke dalilnya, jika tak ada musinnah (1 tahun) maka boleh jadza'a (6 bulan), apa bener yang musinnah tak ada ? 

Aqiqah Jember Mitra Amanah

Mudah dan Syar'i.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesanan BPK.kosim tanggul

Harga Aqiqah Jember